Pages

Sabtu, 11 Mei 2019

Your Baby Knows When He/She Will be Born

Assalamualaikum..
Ini pertama kalinya gue balik lagi ke dunia ke-blogger-an, ceileeh 😆 Tentunya dalam keadaan dan status yang berbeda..Udah jadi si "Emak-emak" ala milenial gitu deeh 😂 ('mahmud' udah nggak booming lagi kayaknya)
Well...kenapa aku balik lagi nge-blogger masih tanda tanya dalam hati sebenernya wkwk. Abis gimana..gabut kalau si dedek alias si bayik ganteng gue lagi bobok manjaah haha. Bersyukur banget sebenernya si dedek udah lahir. Kenapa enggak, bayangkan aja..10 bulan 4 hari book di perut gue. Dan tau kan gimana para 'netijen' yang budiman itu ngeceplos seenak jidat jenong mereka. Huft.
"eh Mbak Ery, udah lama nggak kelihatan..kirain udah lahiran"
"Lho mbak Ery udah berapa bulan ini? Kok belum lahir??"
"perutnya nggak pernah di pijat ke dukun bayi sih, makanya nggak lahir2"
(jangan heran kalau masih percaya ama "dukun bayi", disini mah gitu..)
Begitulah kira2 cuitan mereka. Mereka pikir gue juga nggak berusaha semaksimal mungkin apa yak..mikir keras gimana si  dedek agar cepet lahir. Segala tips di mbah Google, di Youtube udah gue cobaiin 😑😑
Sampe2 tiap hari gua makan nanas, makan geprek..tapi level 5 ahahha. Alhasil sampe diare2 dah gua. Tiap pagi gua lari..bayangkam..LARI pagi dengan perut segedhe gitu..abis gimana saking geregetennya nggak lahir2 wkwk
Taukah kalian apa yg gua lakuin sesudah lari pagi ? "DANCE BLACKPINK"
Oke sip.
MasyAllah segala-galanya sudaha dicoba tapi jika Allah dan si dedek belum mau keluar mau diapain lagi 😣 Galau berat udah pasti 😩
HPL ku dulu 4 April, seminggu sebelumnya gue udah bolak balik ke dokter yg biasanya meriksa gue. dr. Rahmad di RSI Aisiyah. Apa hasilnya ? NIHIL. Gue kira di kasihanin gitu kan di kasih obat pelunak jalan lahir atau apakah kayak temen gue si Rizka. (Rizka temen gue HPL nya selisih seminggu duluan dia. Dan udah ngelahirin anaknya, boook tambah depresi gila gue waktu itu)
Tapi apa dikata, si Dokter kece cuman bilang "Ngapain di kasih obat ? Kan aman2 saja, pokoknya ditunggu aja..sabar"
Oke fix. Intinya gue tetep galau dengen perut gedhe gue yang nggak kempes2. Huft.
Saben hari Paksu gue nggak bosen2nya nenangin hati gue yang gundah gulana ini. Gue sempet nangis2 sendiri, bengong2 sendiri, ngeliatin baju2nya si bayik sambil ngelamun kagak jelas. Bisa dibilang hampir gila waktu itu 😂 belum lagi kabar istrinya temennya paksu, yang barengan ama gue hamilnya udah pada lahiran semua. Bisa bayangin kan hati dan pikiran gue saat itu gimana 😭 Alhamdulillah lagi2 paksu tak henti2nya nenangin hati gue.
Emang sih, kata orang2 si bayi tau kapan dia akan lahir ke dunia yg Fana ini wkwk
Gue berusaha membesarkan hati gue (cieelaaah)
Tanggal 6 April perut tiba2 kayak sakit waktu menstruasi, tp gue masih bisa tahan dan nggak ngehirauin krn rasanya udah pasrah aja. Tanggal 7 April pagi hari abis sholat subuh keluarlah bercak darah. Gue bilang donk sama suami gue, eh dianya kaget. Gue bilang sama ibu gue juga kaget. (kita berumah tangga tp masi numpang ama nyak babeh ceritanya huuu) pokoknya seluruh isi rumah jadi panik kaga karuan dan suruh cepet2 ke RS. Gue mah tenang2 aja yak rasanya masih bisa nahan rasa sakit kayak mens ituuh. Tapi makin siang hari makin nambah sakit, alhasil suami gue maksa gue untuk pergi ke RS. Oke fine gue jabanin.
Sampai di RS gue di cek ama bidan yang jaga, katanya baru pembukaan 1. Disuruh pulang dooonk yaa haha. Terus sampai malam hari kok sakitnya hilang timbul gitu. Dan mulai nggak kuat nahan sakitnya. Semalam nggak tidur sama sekali karena sakitnya itu. Gue nggak berani bangunin suami karena lihat pulesnya wajahnya, secara besoknya dia kerja. Gue nikmatin aja sakitnya sambil nangis2 gak jelas. Sampai subuh udah nggak kuat lagi karena gelombang cinta datang dan pergi dengan jeda kurleb 5 menitan. Alhasil jam 10 gua dibawa ke bidan Isna (tempat gue lahir dulu wkwk) Bu Bidan bilang kalau udah pembukaan 4 (gilamen, gua pikir sebentar lagi nih) Alhasil karena gue periksanya di RSI Aisiyah bu bidan ngasih rujukan kesana.
Sampai sanaaa....FULLL. Sip deh. Dan apa perawatnya bilang ? "Maaf pak, IGD penuh dan harus nunggu 6 orang pasien lagi" gile deh gile..gue udah mau mati rasanya malah disuruh nunggu 😭 Finally langsung cabut ke RS yang gedhe di Kudus. RS Mardi Rahayu. Sampai sana ditanganin langsung deh dan langsung masuk ke ruangan bersalin.
Mulailah gue merasakan betapa nikmatnya menanti buah hati kita lahir ke dunia ketemu kita wkwk yaelaaah bijak amatt.. Saking nikmatnya suami gue sampai nggak tega ngelihat gue. Menurutku puncak kegelisahan suami adalah ketika ia menemani istrinya saat akan melahirkan. Haa sumpah deh kelihatan banget wajah nggak berdayanya. Alhamdulillah kalau suami kita sayang dan cinta banget sama kita, walaupun kita nggak bisa memungkiri kalau tiap hari mereka selalu membuat jengkel wkwk.
Sampai jam 8 malam di cek pembukaan dan akhirnya udah pembukaan 8. Dalam hati gue deg2annya minta ampuuunn gimana proses keluarnya, soalnya nggak persiapan cara tarik napas yang bener (emang sih nggak pernah belajar juga gimana caranya hihi)
Sialnya sampai pukul 3 pagi masih aja pembukaan 8. Oh my god..nggak bisa berkata2 lagi. Rasanya pengen banget lambaikan bendera putih ke arah kamera (wait, mana kameranya? Wkwk) Gue mencoba sabar, mencoba sabar sedalam dalamnya, dan mensugesti diri gue sendiri kalau gue pasti bisa, gue pasti kuat. Finallay pukul 4 suami gue jenguk gue lagi, (fyi, karena gue pasien BPJS dan males naek ke VIP maka sebenernya nggak boleh ditungguin ama suami 😭 mungkin suami gue nggak tahan lihat gue jadinya dia "ndableg" aja, udah biasa di usir suster2 mah wkwk) saat suami gue jenguk gue, seperti ada setitik energi yang muncul dalam diri gue (ceilaaah 🤣) pukul setengah 5 pagi dia diusir susternya lagi karena mau cek pembukaan.
Saat itulaah tiba2 suster2 datang menggerombol karena mungkin wajah gue udah nggak karuan lagi dilihatnya wkwk. Gue disuruh ngeden sekenceng2nya. Waaaa mungkin bagi kalian yang mau lahiran harus rajin2 deh baca2 atau ikutin kelas2 bumil gimana cara ngeden dan tarik napas yang bener. Boook..gue disalahin susternya melulu karena cara ngeden dan buang napas yang selalu salah. Disitulah titik kepasrahan gue muncul. Serasa udah kehabisan energi, masiih aja salah. Finally epistomi sebagai solusinya.
Gausah gue deskripsikan gimana rasanya ya wkwk. Intinya "NIKMAT" hihi 😚😚 pukul 05.05 dedek bayi Launching dengen tangisan cenger-cengernya ahahaha. Hati gue saat itu masih nggak percaya. "Eh, gue ngelahirin anak beneran tadi yak? Itu beneran bayi gue?" hahaha kayak orang amnesia dah 👻 Lupakan tangisan dedek, dan sekarang saatnya proses penjahitan. Jahitan ? Menurut gue jahitan lebih sakit daripada proses keluarnya si dedek 😑 pada saat itu, gue keluarin semua energi gue buat -TERIAK SEKENCENG-KENCENGNYA- hahaha yaa gimana lagi tadi ngeden nggak boleh sampe kenceng, sekarang saatnyalah suara merdu gue keluar semuaa. Sampai2 susternya tanya "Lho mbak, ngelahirin sama dijahit emang lebih sakitan dijahit? Kok teriaknya heboh banget?" haaa sustenya masih single kali yes, bisaa gitu tanya kayak gitu 😑😑
Fiuh, pukul 05.45 selesai lah sudah proses keluarnya si dedek kesayangan mamah Ery hihi. Okey sudah cukup laah intermezzonya haha. Sorry kalau cerita yang kutulis terlalu buanyaaak 😚 ini gue punya beberapa tips buat buibu yang mau lahiran normal yeah 😊😊
1. Buat para buibu yang hamidunnya mendekati HPL, semangat..!! Karena kalian akan ketemu sama dedek yang gemeeesss bangetttt 😘
2. Tiap pagi rajinlah jalan kaki, dan senam2 bumil ala-ala Youtube (dan jangan lari kayak gue yaa wkwk) karena menurut gue kekuatan otot kaki sangat mempengaruhi terutama di pangkal paha. Karena walaupun gue ngerasa kaki gue udah kuat rasanya masih gemeter aja gitu haa😂
3. Ini nih bagi kalian yang mendekati HPL, atau bahkan TERLEWAT HPL kayak gue JANGAN PANIK JANGAN BIMBANG JANGAN GALAU, karena semua itu beraat..kalian nggak akan kuat biar aku sajaaah 😷 Semua punya proses dan cerita masing2. Sugesti diri kalian kalau si dedek bayi tahu kapan akan lahir. Dia akan mencari waktunya tersendiri buat lahir ke dunia. Dan yakinilah kalian bahwa kapan hari lahirnya dedek adalah yang TERBAIK untuk semuanya. Dan itu semua nggak lepas dari takdirnya Allah SWT. Tetep berdoa kepada Allah SWT agar proses kelahiran dedek bayi kita diberi kelancaran dan nggak ada halangan.
3. Jangan suka melihat video proses melahirkan yang upload di akun2 IG maupun Youtube. Oke fine seperti di atas semua punya proses masing2 dan nggak bisa dibuat acuan. Yang ada kalian malah tekanan batin sendiri kayak gue. Nggak masalah bapernya sih, tapi yang ada kalian malah kepikiran sendiri. Yang penting tanamkan sikap SIAP dan sugesti diri kalian kalau kalian pasti bisa dan kuat. ❤️
4. Rajin-rajinlah baca buku tentang persiapan melahirkan seperti buku KIA juga wajib juga dibaca. Bagaimana cara ngeden dan tarik buang napas yang bener. Gue rajin olahraga, tp males buat baca atau ikut kelas2 bumil, sama aja boong. Alhasil gue kelimpungan sendiri saat ngelahirin kan.
Itulah kira2 sedikit tips-tips dari gue yang bisa gue kasih menurut pengalaman yang pernah gue alamin. Sekali lagi semangat kalian para buibu yang mau lahiran. Semangat to be new mom...!!! 😘😘😘

2 komentar:

  1. rasanya pengen ndang punya baby. tapi takut proses lahirannyaaa .

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan takut Ny. Agus :D kita sudah ditakdirkan sebagai wanita yang tugasnya memang melahirkan generasi penerus yang sholeh sholehah :) semua akan terbayar saat kita melihat wajah buah hati kita kok :D (betewe knp gue jadi sok bijak gini yak hahaha)

      Hapus