Pages

Senin, 25 April 2016

7 Fakta Unik Kopi yang Wajib Diketahui Bagi Pecinta Kopi



Siapa sih yang nggak kenal kopi ? Si hitam yang aromanya bikin mata melek. Disela-sela kesibukan dan aktivitas yang menggila, nggak ada salahnya menghela nafas sebentar untuk menikmati rasa khasnya kopi yang bikin ketagihan.
Pernahkah Anda pernah berpikir darimana asal kopi ditemukan? Tahukah Anda bahwa sebenarnya kopi ditemukan oleh penggembala kambing ? Simak 7 Fakta unik seputar kopi dibawah ini. Dan jangan lupa, sruput kopinya yaa.. :D

1.      Kopi ditemukan oleh penggembala kambing
Alkisah, seorang penggembala kambing di Ethiopia menemukan gembala-gembala kambing miliknya terlihat sangat lincah, bahkan seperti menari-nari setelah memakan biji kopi. Wah, para kambing saja bisa lincah setelah mengkonsumsi kopi ya, apalagi kita mata ngantuk langung melek hihi

2.      Kopi adalah “camilan” bagi suku di Afrika

Suku-suku di Afrika sangat suka mengkonsumsi kopi. Eits, nggak diminum lho, tapi langsung dimakan. Waduh, gimana rasanya ya? Yaps, kopi tersebut dicampurkan dengan lemak (semacam mentega gitu deh) dan langsung dimakan. Mereka sangat percaya bahwa camilan tersebut bisa menambah energi. Bagi Anda yang mau mencoba, silaahkaan, nggak dilarang kok hihi

3.      Kopi berperan dalam Kebangkitan Agama Islam

Tahu nggak sih kalau kopi memberi kontribusi yang amat sangat besar bagi Agama Islam ? Yaps, bagi yang beragama Islam pasti sudah tau dong kalau alkohol adalah minuman yang Haram ? Nah, orang-orang Islam pada zaman dahulu mengkonsumsi kopi sebagai pengganti alkohol. Cukup populer loh minuman kopi tersebut dikalangan Muslim.

4.      Panjang Pohon Kopi bisa mencapai 9 Meter

Pohon Kopi sebenarnya bisa tumbuh sampai 30 kaki atau setara 9 meter lho. Tetapi siapa ya yang mau manjat kalau pohonnya setinggi itu ? huhu..Nah, maka dari itu, pohon kopi biasanya dipangkas sampai 10 kaki atau setara 3 meter saja biar para petani kopi mudah untuk metik biji kopi tersebut.

5.      Kopi komoditas terbesar dunia nomor 2

Wow keren ya, kopi adalah komoditas nomor 2 yang paling banyak diperdagangkan dipasar dunia setelah minyak bumi. Hmm bisa dibayangkan betapa ngetrennya secangkir kopi diseluruh dunia. Dari kalangan bawah sampai atas dan dari yang muda sampai tua bisa merasakan nikmatnya kopi.

6.      Memiliki kandungan kafein yang tinggi

Siapa disini yang setelah minum kopi langsung melek ? Ini sih udah hal umum ya kalau kopi mengadung kafein yang sangat tinggi. Kandungan kafein ini lebih tinggi dari jenis minuman apapun, termasuk teh. Manfaat kafein bisa mengembalikan kesegaran tubuh dan membuat pikiran menjadi lebih fokus. Kafein dalam kopi juga bisa mencegah kebutaan dan kerusakan pada degenerasi retina. Tapi hati-hati ya jangan sampai kebanyakan karena mengkonsumsi kafein itu ada batasnya.

7.      Kopi Luwak Indonesia “termahal” di dunia

Wah sudah menjadi berita umum ya kalau kopi asal Indonesia sudah terkenal seantero dunia. Selain sebagai sebagai penghasil kopi Luwak tersebesar dunia, ternyata Indonesia merupakan negara urutan ketiga pengekspor kopi terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Harga secangkir kopi luwak dipasaran Amerika bisa mencapai $600 per poundnya. Di Inggris bahkan ada sebuah kafe yang menjual secangkir kopi Luwak asli dengan harga satu juta rupiah per cangkirnya. Luar biasa.

Berbicara tentang kopi memang tak pernah ada habisnya. Selalu ada fakta menarik yang ditemukan. Hayo siapa disini yang tahu tentang fakta lain kopi selain yang disebutkan diatas ? Bisa di share ya :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar